Skip to main content

RANGKUMAN PRAKTIKUM REKAYASA PERANGKAT LUNAK

 Modul 1

Analisa dan Desain Terstruktur (DFD)

 DFD

Membahas mengenai DFD Level 0,1,2,3, dst. DFD sendiri adalah suatu diagram yang menggunakan notasi untuk menggambarkan arus dari data sistem, yang penggunaannya sangat membantu untuk memahami sistem secara losika, terstruktur dan jelas.


Tiga fungsi utama dari DFD, yaitu sebagai berikut.

1. Penggambaran sistem


Fungsi pertama dari DFD adalah sebagai penggambaran sistem. DFD dapat kamu gunakan untuk menggambarkan sistem sebagai suatu jaringan yang fungsional.


Di dalam jaringan tersebut, ada berbagai komponen yang dihubungkan satu sama lain menggunakan alur data.


Dengan begitu, kamu bisa memahami setiap alur yang ada dalam sistem tersebut.


2. Pembuatan model


Selain menggambarkan sistem, DFD juga dapat kamu gunakan untuk membuat sebuah model yang baru.


Kamu bisa menekankan fungsi sistem-sistem tertentu untuk melihat bagian yang lebih detail dari DFD tersebut. Dengan begitu, kamu bisa melihat beberapa bagian penting untuk acuanmu merancang sebuah model.


3. Penyampaian rancangan sistem


Fungsi DFD yang ketiga adalah menyampaikan rancangan sistem kepada pihak lain.


DFD dapat menggambarkan alur data secara lebih mudah melalui pendekatan visual. Oleh karena itu, kamu bisa menggambarkan rancangan sistem menggunakan DFD dan menyampaikannya pada programmer, pembuat sistem, klien, dan siapa pun yang perlu mengetahuinya.


 


Modul 2

Analisa dan Desain Berorientasi Objek (Class Diagram)

Class Diagram

Menggambarkan struktur sistem dari segi pendefinisian kelas-kelas yang akan dibuat untuk membangun sistem. kelas memiliki apa yang disebut atribut dan metode atau operasi.


Atribut merupakan variabel-variabel yang dimiliki oleh suatu kelas.


Operasi atau metode adalah fungsi-fungsi yang dimiliki oleh suatu kelas.


Diagram kelas dibuat agar program atau programer membuat kelas-kelas sesuai rancangan di dalam diagram kelas agar antara dokumentasi perancang dan perangkat lunak sinkron.


Modul 3

Analisa dan Desain Berorientasi Objek (Use Case Diagram)

Use Case Diagram

Use Case Diagram merupakan pemodelan untuk kelakuan (behavior sistem informasi yang akan dibuat. Use Case mendeskripsikan sebuah interaksi antara satu atau lebih aktor dengan sistem informasi yang akan dibuat. 


Syarat penamaan Use Case adalah nama didefinisikan sesimpel mungkin dan dapat dipahami. Ada dua hal utama pada use case yaitu pendefinisian apa yang disebut aktor dan use case.


    1. Aktor merupakan orang, proses, atau sistem lain yang berinteraksi dengan sistem informasi itu sendiri, jadi walaupun simbol dari aktor adalah gambar orang, tapi belum tentu merupakan orang.


    2. Use case merupakan fungsionalitas yang disediakan sistem sebagai unit-unit yang saling bertukar pesan antar unit atau aktor.




Modul 4

Analisa dan Desain Berorientasi Objek (Squence Diagram)


Sequence Diagram

Diagram sekuen menggambarkan kelakuan objek pada use case dengan mendeskripsikan waktu hidup objek dan message yang dikirimkan dan diterima antar objek - objek yang terlibat dalam sebuah use case beserta metode - metode yang dimiliki kelas yang diinstansiasi menjadi objek itu. Membuat diagram sekuen juga dibutuhkan untuk melihat skenario yang ada pada use case.

Comments

Popular posts from this blog

SISTEM INFORMASI JASTIP IKAN HIAS

 Jastip adalah singkatan dari jasa titip atau layanan informal yang menawarkan bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan atau ingin membeli sesuatu tetapi tidak dapat pergi ke tempat yang diinginkan untuk membeli sendiri karena berbagai alasan.  Dalam area lingkup sidoarjo, saya masih belum menemukan sebuah jasa titip untuk pembelian ikan hias. maka dari itu kelompok kami ingin mengusung sebuah ide Sistem Informasi Jastip Ikan Hias. Dimana dalam sebuah Sistem Informasi Jastip Ikan Hias tersebut terdapat alur yaitu:  1. Pre-order dimana sistem menampung sebuah pesanan dari pembelian, pre-order ini dijadwalkan dari hari senin-jumat.  2. Lalu setelah pre-order ditutup pada hari sabtu, tim Jastip Ikan Hias akan meluncur ke tempat petani² ikan hias dan memesankan ikan yang sudah masuk dalam data pre-order.  3. Setelah pemesanan ikan, lalu tim Jastip Ikan Hias akan mengantarkan pesanan sesuai dengan lokasi yang sudah tercantum pada aplikasi sistem informasi Jastip ikan hias tersebut.  Dala

RANGKUMAN PRAKTIKUM PEMROGRAMAN BERBASIS

1.        ( HTML / Hypertext Markup Language ). HTML adalah (Hypertext Markup Language) sebuah bahasa standar yang digunakan oleh browser internet untuk membuat halaman dan dokumen pada sebuah Web yang kemudian dapat diakses dan dibaca layaknya sebuah artikel. HTML juga dapat digunakan sebagai link-link antara antara file-file dalam situs atau dalam komputer dengan menggunakan localhost, atau link yang menghubungkan antar situs dalam dunia internet. Standar minimum elemen HTML adalah : ·           Document Type Declaration (DTD). Sebagai standar versi dokumen W3C yaitu deklarasi yang digunakan untuk mengidentifikasi jenis dokumen HTML yang digunakan sehingga browser dapat menentukan bagaimana memperlakukan kode tersebut. Contoh  DTD pada HTML versi 4 : <!DOCTYPE html public “-//W3C//DTD HTML 4.01 Transitional//EN” ·           Head ·           Body   2.        ( CSS / Cascading Style Sheet ). Cascading Style Sheet(CSS) merupakan aturan untuk mengendalikan beberapa komponen dalam sebu